Tips Praktis |Mudah
dan Sukses Bagi Guru Pemula
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh..
Pada kesempatan kali ini akan membagikan
informasi yang cukup bermanfaat bagi rekan-rekan guru diseluruh nusantara.
Pada umumnya guru sudah
mendapat pencerahan tentang penelitian tindakan kelas (PTK). Mulai dari
penyusunan proposal, pelaksanaan di kelas, sampai pada penyusunan laporan.
Pencerahan tersebut diperoleh melalui seminar, penataran dan pelatihan.
Meskipun demikian pencerahan dalam bentuk
teori semata belumlah cukup. PTK harus diterapkan secara berangsur-angsur dan
berkesinambungan. Baik dalam bentuk sederhana sekalipun, sampai dengan PTK yang
mengikuti prosedur dan langkah yang lebih lengkap.
Melakukan kegiatan PTK perlu kebiasaan dan
latihan. Mungkin masih banyak yang mengalami kesulitan untuk memulai kegiatan
PTK ini. Hal ini disebabkan karena kurangnya waktu dan kesempatan berlatih,
atau belum membiasakan diri untuk melakukan kegiatan ini.
Selain itu juga disebabkan
anggapan keliru, dimana PTK dianggap sama dengan penelitian jenis lainnya.
Misalnya, penelitian mahasiswa untuk menyelesaikan tugas perkuliahan di
perguruan tinggi. Padahal, PTK menempatkan guru sebagai pengajar dan peneliti
internal di kelas. Saat mengajar saat itu pula guru dapat melakukan kegiatan
penelitian.
Sekadar inspirasi, berikut ini
dibahas 4 cara dan langkah praktis dalam memulai kegiatan PTK di sekolah:
1.Agendakan masalah yang sering dihadapi
Untuk mulai berlatih melaksanakan PTK, tidak
perlu berpikir menyusun proposal terlebih dulu. Justru ini hanya akan
memberatkan langkah guru untuk kegiatan selanjutnya. Sebaliknya, cukup menulis
atau mengagendakan butir-butir permasalahan yang sering dihadapi dalam menjalankan pembelajaran.
Misalnya: siswa kurang bergairah mengikuti
pelajaran, siswa enggan mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan, hasil
belajar siswa rendah, dan sejumlah butir lainnya.
2.Analisa masalah yang diagendakan
Langkah berikutnya adalah menganalisa
butir-butir masalah yang sudah diagendakan. Dari sekian butir masalah, butir
mana yang perlu dan mendesak untuk segera dicarikan solusinya. Langkah ini
untuk membatasi permasalahan sehingga dapat direncanakan
solusinya. Perkirakan mengapa masalah ini terjadi? Misalnya, siswa kurang
bergairah mengikuti pelajaran. Mengapa ini terjadi? Apa akibatnya jika tidak
segera diatasi?
3.Rencanakan pemecahan masalah
Setelah memperkirakan masalah yang penting dan
mendesak untuk diatasi, guru segera memperkirakan beberapa alternatif pemecahan
masalah. Misalnya, untuk mengatasi siswa kurang gairah belajar direncanakan
beberapa alternatif seperti; menggunakan metode mengajar bervariasi,
menggunakan alat dan media belajar.
4.Terapkan alternatif pemecahan masalah
Langkah selanjutnya adalah menerapkan
alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran berikutnya. Amati bagaimana
proses pembelajaran yang terjadi ketika menerapkan alternatif tindakan yang
dipilih. Ini biasanya menggunakan instrumen observasi yang dibuat oleh guru.
Jika diperlukan, observasi dapat dilakukan
bersama rekan sejawat. Namun sebaiknya dilakukan sendiri, tanpa berkolaborasi
dengan guru lain. Tujuannya untuk menghindari dampak psikologis kepada siswa
maupun guru yang berlatih memulai kegiatan PTK.
Itulah 4 Tips Praktis |Mudah dan Sukses Bagi Guru Pemula sehingga guru terbiasa melaksanakan
dalam pembelajaran,selain untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam
pembelajaran, PTK juga akan bermanfaat untuk pengembangan profesi guru.
Sumber
: log.viva.co.id
Terima
Kasih ..
Info
Siswa/i Baru T.A 2016/2017
Follow
| TKNamira
0 komentar:
Posting Komentar